VPS - Pengertian dan Fungsi Virtual Private Server - Ibntekno

VPS - Pengertian dan Fungsi Virtual Private Server

Pengertian dan fungsi virtual private server
Apa itu VPS?
      Ya whatsup guys, bertemu lagi dengan blog sederhana saya, pada hari ini saya akan membahas VPS (Virtual Private Server), ada yang tahu? Jika belum tahu kalian datang diartikel yang tepat, ya disini membahas pengertian dan macam-macam VPS, langsung mulai saja..



Virtual Private Server (VPS) atau VDS (Virtual Dedicated Server) adalah salah satu jenis layanan hosting (penyiaran website) dengan menggunakan teknologi virtualisasi server yang berdasarkan dengan server fisik.seperti yang sudah di jelaskan dipembukaan, vps menyediakan ruang pribadi bagi anda dalam bentuk server virtual alias tidak nyata. Meskipun dalam kenyataannya anda harus berbagi server fisik dengan yang lain.

A. CARA KERJA VPS
Pengertian dan fungsi virtual private server
Cara kerja VPS
    Alur kerja vps di mulai dari server fisik berupa komputer. Server fisik ini adalah tempat dimana anda dan seluruh user lain menyimpan file dan data base yang dibutuhkan untuk website yang akan dihostingkan. Nantinya, browser yang di gunakan oleh pengunjung website anda akan mengirimkan permintaan kepada server, untuk kemudian server mentransfer file yang diinginkan ke pengunjung melalui internet. Nah, pada saat proses menerima dan mengirimkan kembali itulah VPS bekerja. Jadi pengguna akan mendapatkan respons dari vps yang mana berkaitan langsung dengan server fisik dan memberikan file yang diminta tersebut melalui internet. Vps berguna sebagai peniru server fisik yang bersifat pribadi dan tidak terpengaruhi oleh Vps-Vps lain dalam satu server.

B. Dasar-dasar/Prinsip kerja VPS
- VPS bekerja layaknya sebuah server yang terpisah
- VPS bisa meng konfigurasi file untuk sistem dan aplikasi software
- VPS memiliki processes, file, user dan menyediakan full root access
- Setiap VPS memiliki ip address, tables, port number, filtering dan aturan routing sendiri
- Setiap VPS dapat delete, modify, add file apapun termasuk file yang berada di root, dan dapat juga menginstal software aplikasi sendiri atau juga mengkonfigurasi root aplication software.
- Setiap VPS dapat memiliki sistem libraries atau dapat mengubahnya menjadi salah satu system libraries yang lain.

C. Macam-macam VPS
Dalam penggunaanya, vps dibagi menjadi 2 macam yaitu vps managed dan vps unmanaged, berikut adalah macam-macam vps.

1. VPS Managed, yaitu server kosong yang hanya diberi ip address, root, dan password.
2. VPS Unmanaged, yaitu vps yang sudah diinstall OS Windows atau Linux sesuai dengan hostingnya.
Pengertian dan fungsi virtual private server
VPS
D. Fungsi VPS
VPS ini memiliki banyak fungsi yang sangat berguna bagi para penggunanay. Berikut ini adalah beberapa fungsi yang diimiliki oleh VPS, diantaranya adalah:
1. Web Hosting, Salah satu fungsi dari VPS yang paling populer adalah untuk menyediakan web hosting. VPS sangat cocok untuk untuk level menengah dan untuk situs web sebuah perusahaan

2. Backup Server, Membackup layanan sangatlah penting supaya layanan dapat berjalan dengan normal. Backup server ini bisa meliputi beberapa hal seperti surel, berkas, situs web, dan basis data. Layanan ini dalam keadaan fisik dan logical yang terpisah untuk meminimalisir kerusakan serta kehilangan data.

3. Tes Environment, VPS juga dapat membantu dalam melakukan development testing secara efisien beberapa sistem operasi serta alamat ip publik yang dengan mudah bisa dilakukan. Koneksi jarak jauh untuk reboot dan mengganti tampilan bisa dilakukan dengan cepat.

4. Application Hosting, Dengan VPS ini kalian bisa membangun custom mission critical software tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal. Selain itu melakukan outsource development aplikasi juga menjadi sebuah trend untuk menghemat biaya.

5. Educational Outpost, VPS juga menjadi ajang untuk melakukan ekspreimen UNIX Operating System dengan berbagai macam distribusi sekaligus. VPS ini membuat eksprimen menjadi lebih beragam dan lebih mudah dalam membandingkannya.

6. File Server, VPS bisa juga digunakan sebagai tempat penyimpanan dimana kita bisa menyimpan file maupun data dengan menggunakan FTP maupun HTTP.

7. Server Remote Desktop, VPS juga bisa digunakan untuk mendownload dan upload file secara remote atau jarak jauh. Kita juga bisa menjalankan aplikasi forex, spinner, bot & automation.

Nah itu dia pembahasan mengenai Pengertian dan Macam-macam Virtual Private Server (VPS), sekian dulu dari saya, semoga bermanfaat, thanks you for your attention...
Buka Komentar
Tutup Komentar

1 Komentar untuk "VPS - Pengertian dan Fungsi Virtual Private Server"

Iklan dI Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel